Posted by : Dedeng Iskandar Alfarenzi Sunday, October 27, 2024



Hai Sobat Eren, jumpa lagi nihh...


Kali ini ane mau buat artikel khusus buat pendidik ama tenaga kependidikan.


Teruntuk temen2 pendidik ama tenaga kependidikan di seluruh dunia, ini dia konci jawaban topik pelatihan di PMM.


Kali ini ane mo bagiin Konci Jawaban Pendidikan Berjenjang Pendidikan Inklusif (Dasar) Modul 2 Pembelajaran yang Berpusat Pada Peserta Didik


Materi dalam modul 2 ini di antaranye tentang Lingkungan Belajar nyeng Aman, Ramah, ama Nyenengin buat Semua Peserta Didik, Ngerespon Kebutuhan Belajar Semua Peserta Didik, ama Ngelola Kelas nyeng Berpusat ke Semua Peserta Didik.



A. Lingkungan Belajar yang Aman, Ramah, dan Menyenangkan bagi Semua Peserta Didik 


Latihan Pemahaman 

1. Dalam cerita tentang kelas Bu Endang beberapa anak dengan kebutuhan khusus tidak berpartisipasi aktif, mengapa? 

Jawaban: Posisi duduk guru dan media pembelajaran membatasi peserta didik berkebutuhan khusus untuk berpartisipasi secara optimal 


2. Di sebuah kelas, terdapat peserta didik yang terus mendapatkan nilai rendah di pelajaran Matematika. Ia sering melamun dan mencoret-coret tanpa makna di buku latihan Matematika. Apa yang sebaiknya kita lakukan terhadap peserta didik ini? 

Jawaban : Mencari tahu kemampuan peserta didik dan berusaha menyesuaikan materi pembelajaran 



B. Merespon Kebutuhan Belajar Semua Peserta Didik 


Latihan Pemahaman 

1. Manakah diantara pernyataan berikut yang tidak termasuk manfaat memahami kebutuhan belajar peserta didik? 

Jawaban : Materi dan pendekatan dapat disusun secara seragam untuk semua peserta didik 


2. Manakah diantara cara-cara di bawah ini yang bukan merupakan bagian dari identifikasi peserta didik? 

Jawaban : Asesmen peserta didik oleh tenaga profesional 



C. Pengelolaan Kelas yang Berpusat pada Semua Peserta Didik


Latihan Pemahaman

1. Dalam cerita Aldi dan Pak Budi, mengapa pak Budi tidak segera memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan?

Jawaban : Ia ingin mengembalikan kepercayaan diri Aldi bahwa ia bisa jika menghitung dengan teliti. 


2. Suatu hari, beberapa peserta didik kelas 8 terlihat tidak fokus saat pak Jaya menerangkan materi tentang vegetasi daerah tropis. Pak Jaya mengeraskan suara, namun hanya sebagian peserta didik yang merespon. Apa yang dapat kita refleksikan dari kondisi kelas pak Jaya? 

Jawaban : Pak Jaya perlu mengganti metode penyampaian materi dengan cara yang lebih interaktif. Pembahasan soal 


Post Test Modul 2 


1. Dalam kasus SD Ma'moer, Dina kemungkinan besar merasa lingkungan belajarnya tidak aman, ramah, dan menyenangkan. Setidaknya ada 2 permasalahan utama yang perlu diatasi dari kasus Dina, yaitu? 

A. Jumlah kamar mandi yang terbatas dan perundungan 

B. Kurangnya perhatian orangtua dan jumlah ruang 

C. Jumlah peserta didik yang kurang berimbang dengan jumlah ruang kelas yang ada serta perundungan 

D. Perhatian guru dan jumlah guru-peserta didik yang kurang berimbang 

Jawaban: A 










Post Test Modul 2 versi laen


1. Dalam kasus SD Ma'moer, Dina kemungkinan besar merasa lingkungan belajarnya tidak aman, ramah, dan menyenangkan. Setidaknya ada 2 permasalahan utama yang perlu diatasi dari kasus Dina, yaitu? 

A. Jumlah kamar mandi yang terbatas dan perundungan 

B. Kurangnya perhatian orangtua dan jumlah ruang 

C. Jumlah peserta didik yang kurang berimbang dengan jumlah ruang kelas yang ada serta perundungan 

D. Perhatian guru dan jumlah guru-peserta didik yang kurang berimbang 

Jawaban: A 


2. Tutor sebaya menjadi strategi yang membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Manakah diantara prinsip berikut yang kurang tepat dalam penerapan strategi tutor sebaya? 

A. Harus ada kesukarelaan baik dari yang membantu maupun yang dibantu 

B. Peserta didik yang terlibat perlu diberikan informasi mengenai manfaat tutor sebaya 

C. Tugas tutor sebaya harus jelas, spesifik, dan disepakati antara guru dan tutor 

D. Peserta didik yang menjadi tutor sebaya harus yang paling cerdas di kelas 

Jawaban : D 


3. Cerita Aldi & Pak Budi Berapa jumlah ketiga kelompok ini? Tanya pak Budi sambil menunjuk gambar di papan dan memberikan sedikit waktu kepada Aldi untuk menjawab. “24, Pak,” jawab Aldi.“Bagaimana, apakah betul 24?” Tanya pak Budi kepada semua peserta didik di kelas?“Betul, Pak,” sahut mereka.“Bagus, Aldi, yang sudah menghitung dengan lebih teliti. Terima kasih semua yang membantu” puji Pak Budi.“Anak-anak ingat ya, bahwa perkalian itu merupakan penjumlahan yang berulang.  Coba nanti kalian kembali berlatih perkalian, ya karena kita akan banyak menggunakan perkalian dalam kehidupan sehari-hari,” Pak Budi mengingatkan sebelum melanjutkan penjelasan. Dalam cerita Aldi dan pak Budi, mengapa pak Budi tidak segera memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan? 

A. la ingin mengembalikan kepercayaan diri Aldi bahwa ia bisa jika menghitung lebih teliti 

B. la ingin membuktikan dugaannya bahwa Aldi perlu berlatih perkalian lebih banyak 

C. la berusaha meyakinkan semua peserta didik bahwa soal itu sangat mudah 

D. la Ingin mendapat kesempatan memuji Aldi di depan teman sekelasnya 

Jawaban : A 


4. Adanya rutinitas harian di satuan pendidikan memudahkan peserta didik dan guru karena? 

A. memfasilitasi kolaborasi antar kelas di satuan pendidikan 

B. menjadi salah satu pembiasaan positif yang menciptakan struktur dalam keseharian di sekolah 

C. dasar pemberian sanksi bagi peserta didik yang melanggar aturan 

D. membantu peserta didik melepaskan emosi negatif yang mereka mungkin bawa dari rumah agar dapat belajar dengan lebih tenang 

Jawaban : B 


5. Salah satu strategi pengelolaan kelas yang membangun pola pikir positif dan motivasi dalam diri peserta didik adalah? A. memenuhi semua keinginan peserta didik saat jam pembelajaran 

B. memberi pujian kepada peserta didik yang mendapat nilai tinggi 

C. memuji upaya serius yang dilakukan peserta didik dalam mendukung pembelajarannya 

D. melakukan aktivitas bermain dalam pembelajaran 

Jawaban : C 


6. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan pendidik dalam melakukan pengelolaan kelas, kecuali? 

A. menentukan rutinitas sepanjang hari di kelas sesuai kemampuan pendidik 

B. membuat kesepakatan kelas dan aturan sebagai pedoman perilaku peserta didik 

C. mengupayakan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik 

D. mengupayakan lingkungan kelas bersih, aman, nyaman, dan segala sesuatu di dalamnya mudah diakses 

Jawaban : A 


7. Di sebuah kelas, terdapat peserta didik yang terus mendapatkan nilai rendah di pelajaran matematika. la sering melamun dan mencoret-coret tanpa makna di buku latihan Matematika. Apa yang sebaiknya dilakukan guru terhadap peserta didik ini? 

A. melakukan asesmen kemampuan Matematika (numerasi) untuk mengetahui apakah tingkat kesulitan materi pembelajarannya sudah sesuai 

B. mengingatkan peserta didik tersebut agar berusaha lebih giat termasuk belajar di rumah dengan bantuan orang tuanya atau lembaga les privat 

C. memberikan soal-soal latihan yang lebih banyak sebagai bahan latihan saat jam istirahat atau sepulang sekolah 

D. meminta dukungan orang tua agar menyediakan guru pendamping 

Jawaban : A 


8. Terkadang sebagian peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor berikut, kecuali? 

A. Tugas yang diberikan seragam untuk semua peserta didik 

B. Jarak antara apa yang diketahui peserta didik dengan apa yang dipelajari terlalu jauh 

C. Peserta didik belum memiliki kemampuan awal yang tepat untuk dapat mengikuti pembelajaran 

D. Pendidik menelusuri kemampuan awal peserta didik untuk materi yang akan diajarkan 

Jawaban : D 


9. Pengelolaan kelas perlu dilakukan oleh pendidik dengan memperhatikan karakteristik satuan pendidikan, baik peserta didik maupun pendidik itu sendiri. Usaha yang dilakukan dalam pengelolaan kelas akan berdampak terhadap? 

A. meningkatnya kesadaran diri sebagai pendidik, peningkatan kesadaran peserta didik, dan menciptakan kontrak sosial 

B. meningkatnya kesadaran peserta didik, menciptakan kontrak sosial dan mengevaluasi masalah 

C. diperolehnya informasi berkenaan masalah, menilai alternatif, dan peningkatan kesadaran peserta didik 

D. meningkatnya kesadaran sebagai pendidik, dan mengidentifikasi masalah 

Jawaban : C 


10. Perhatikan pernyataan berikut! membangun kolaborasi dalam pembelajaran yang kondusif memberikan konsekuensi terhadap tingkah laku peserta didik yang tidak diharapkan memudahkan pendidik memfasilitasi pembelajaran yang efektif memudahkan peserta didik untuk selalu mempelajari apa yang mereka inginkan Dari pernyataan tersebut, yang termasuk kepada manfaat dari pentingnya pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik adalah? 

A. 1 dan 2 

B. 1 dan 3 

C. 2 dan 3 

D. 2 dan 4 

Jawaban : B 


11. Aksesibilitas merupakan salah satu unsur penting dalam lingkungan belajar yang aman, ramah, dan menyenangkan. Perhatian, kesempatan, dan perlakuan setara yang diperoleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran termasuk aksesibilitas? 

A. fisik 

B. non-fisik 

C. akademik 

D. non-akademik 

Jawaban : B


Itcu Si Iyan Nyoba Makan Ketufaat... 


Cukup Sekiyan Moga Bermanfaat...

 


Bila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar...


 


Ikan Hiu Muter-muter


See You Later...


 


 


Ada ayam... punye jengger


Salam... Eren Jaeger

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Eren Jaeger - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -